Minggu, 02 Maret 2008

APA ARTI SEBUAH NAMA


Mohon maaf ada sedikit kekurangan pada posting saya., yaitu arti sebuah nama. Orang tua saya memberi nama tentunya punya maksud dan tujuan, hal ini memang anjuran agama, agar para orang tua memberikan nama yang baik kepada anaknya, karena nama bisa menjadi harapan dan doa. Nama yang baik menurut Rasulullah adalah Abdullah, Abdurrohman, Abdurrohim dan nama yang diambilkan dari asmaul husna (99 nama Allah) yang didahului dengan kata Abdu. Seperti Abdul Kholiq, Abdul Malik, Abdur Razaq dll. Kemudian nama yang dimulai dengan Muhammad atau Ahmad dan nama yang mempunyai arti baik. Seperti Suja' (Pemberani) Nashir (penolong) Murtaji (orang yang mengharap ridlo Allah) dll. Sedang untuk perempuan yaitu nama-nama yang berkonotasi baik. Terutama nama yang diambilkan dari nama putri Rasulullah atau istri Rasulullah.
Nah, sehubungan dengan hal tersebut, ayah saya (Kyai Muhammad Marzuqi) memberi saya nama Muhammad Muslih. Kata Muhammad diambilkan dari nama Nabi kita, dan muslih berarti orang yang memperbaiki akhlak manusia disamping juga kata muslih juga merupakan salah satu nama panggilan Nabi Muhammad. Ini berarti ayah saya berharap agar saya menjadi orang yang memperbaiki manusia artinya memberikan nasehat, mengajar dsb. Dan insya'allah harapan orang tua terkabul, karena saya tiap harinya bergelut dengan dunia pendidikan. Sedang kata "albaroni" dibelakang adalah menunjukkan arti bahwa saya berasal dari daerah BARON. Terpatnya asal saya adalah Ponpes AL-FALAH Sambirobyong Baron Kertosono NGANJUK Jatim tempat orang tua saya mengasuh pesantren.

3 komentar:

Nasir mengatakan...

Sip..sip..sip..mabruk, sudah saatnya santri gak gatek. Sebenarnya aku pingin buatkan blog untuk pondok brobyong, cuma gak punya foto-foto.

warung-i mengatakan...

ass, bagaimana dengan nama abdus salam yang malah akrab dipanggil salam? nuwun... wass.

M.MUSLIH ALBARONI mengatakan...

Yang gak boleh itu hanya yang nama khusus milik Allah. Seperti Abdullah. gak boleh dipanggil Allah, karena nama Allah hanya milik Allah. Juga Rohman, karena arti kata rahman yang mengasihi dunia dan akhirat. Wallahu a'lam.